Berapa Cincin Tunangan yang Harus Dipersiapkan Pasangan? Apakah Harus Dua?

Berapa Cincin Tunangan – Apakah kamu sedang mempersiapkan acara tunangan bersama pasangan? Jika iya, maka kamu berada di tempat yang tepat. Tunangan menjadi prosesi penting sebelum melangkahkan kaki ke jenjang pernikahan, sehingga harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari. 

Salah satu checklist yang harus kamu lakukan adalah memilih cincin tunangan yang tepat. Memang tak mudah untuk langsung mendapatkan cincin yang kita inginkan, sebaiknya kamu perlu mendalami seluk beluk cincin tunangan dari sisi tradisi hingga tips memilihnya. Yuk, simak informasi berikut ini sampai akhir!

Menengok Tradisi Cincin Tunangan dalam Beberapa Budaya

Tradisi cincin tunangan sebenarnya sudah populer sejak jaman nenek moyang, dimana tiap negara memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri prosesi tunangan memiliki banyak definisi, masyarakat Jawa yang memeluk agama Islam biasanya akan melakukan tradisi lamaran sebagai tanda keseriusan kedua individu. Sedangkan di beberapa kepercayaan masyarakat etnis Tionghoa menggunakan tradisi sangjit yang memiliki tujuan sama dengan tunangan.

Tak hanya cincin yang diberikan, umumnya acara pertunangan juga datang dengan aneka hantaran mulai dari makanan hingga barang-barang yang digunakan oleh pasangan wanita. Tujuan utama dari lamaran atau tunangan adalah meminta restu kedua orang tua agar bisa melangkah ke jenjang pernikahan.

Berapa Jumlah Cincin Tunangan yang Diperlukan? Apakah Harus Sepasang?

Di dalam budaya barat, mereka hanya menggunakan satu cincin untuk diberikan ke pasangan wanita sebagai sebuah pengikat hubungan. Biasanya cincin ini diberikan ketika “proposal” atau meminta sang pasangan menjadi pendamping hidupnya. 

Sedangkan di Indonesia sendiri prosesi tunangan identik dengan bertukar cincin, sehingga memerlukan dua cincin untuk masing-masing individu. Nantinya cincin ini akan dipasang oleh kedua orang tua masing-masing ke calon menantu mereka sebagai tanda bahwa keduanya telah mendapatkan restu menuju pernikahan.

Baca Juga:

Tips dalam Memilih Cincin Tunangan, Jangan Sampai Salah

berapa cincin tunangan

Setelah memahami seluk beluk tradisi dan berapa cincin tunangan yang harus dipersiapkan, kini saatnya ikuti tips pemilihan cincin yang tepat. Di bawah ini adalah penjelasannya!

Cari Referensi Cincin Impian

Setiap orang pasti memiliki preferensi masing-masing mengenai cincin tunangan impiannya. Kamu bisa membuat cincin kustom atau mencari berbagai model cincin yang sesuai keinginan seperti cincin klasik, cincin wrap, dan sejenisnya. Kamu bisa mencari referensi secara online ataupun datang langsung ke berbagai toko perhiasan untuk melihat katalog koleksi mereka.

Tentukan Material yang Sesuai Budget

Cincin tunangan memiliki pilihan material yang beragam, beberapa pengantin menyukai bahan silver ataupun emas murni. Pilihan warna pun juga disesuaikan dengan material, jika kamu menyukai material emas, ada banyak opsi yang bisa dicoba seperti white gold, rose gold, maupun yellow gold. Pastikan juga material yang dipilih sudah sesuai budget, ya!

Ukur Jari Agar Cincin Pas

Setiap orang memiliki ukuran jari yang berbeda-beda tergantung dengan diameter ruasnya. Baik itu jari gemuk atau jari kurus, ada model cincin yang sesuai untuk semua tipe jari. Cara mengukur cincin pada jari pun sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan pita, gunting, pulpen, dan penggaris. Lingkarkan pita di jari manis, kemudian tandai titik irisan dari awal pita. Gunting pita sesuai dengan tanda yang diberikan, kemudian ukur dengan milimeter. 

Pilih Brand Perhiasan Terpercaya

Tahap terakhir adalah mencari brand perhiasan terpercaya untuk mendapatkan model cincin tunangan yang kamu inginkan. Amero Jewellery merupakan satu dari sekian banyak brand perhiasan di Indonesia yang memiliki koleksi eksklusif untuk cincin tunangan. Terdapat berbagai model, ukuran, dan pastinya material berkualitas tinggi yang bisa kamu jadikan sebagai simbol pengikat hubungan yang menawan.

Miliki Koleksi Perhiasan Spesial dari Amero Jewellery untuk Rayakan Hari Bahagia

berapa cincin tunangan

Amero Jewellery akan selalu ada untuk menemanimu dalam berbagai momen spesial. Setiap koleksi yang diluncurkan menjadi representasi bagaimana karakteristik dan juga tujuan banyak wanita untuk selalu tampil memesona serta cheerful di segala kesempatan.

Oleh karena itu Amero selalu menggunakan material emas murni 17K yang terdiri dari beberapa pilihan warna seperti white gold, rose gold, ataupun kombinasi keduanya. Amero juga berkolaborasi dengan para artisan jewellery profesional di Indonesia untuk merancang perhiasan yang lebih terasa personal dan eksklusif.

Di balik keindahan desainnya, Amero juga menyelipkan berbagai filosofi mendalam untuk tiap perhiasannya, sehingga menambah kesan sentimental jika dikenakan. Jadi, sudah tentukan mana cincin Amero yang membuatmu jatuh hati?

Miliki koleksi cincin Amero Jewellery favoritmu melalui Tokopedia, BliBli, atau kunjungi langsung 50+ store partner terdekat.

Jangan lewatkan update informasi terbaru mengenai setiap koleksi Amero Jewellery lainnya dengan follow Amero melalui Instagram, TikTok, dan subscribe Youtube sekarang!

Baca Juga:

KUNJUNGI STORE RESMI KAMI

Semua koleksi perhiasan dari Amero Jewellery
bisa didapatkan melalui marketplace resmi atau 50+ store partner
kami yang tersebar di seluruh Indonesia

Semua koleksi perhiasan dari Amero Jewellery bisa didapatkan melalui marketplace resmi atau 50+ store partner kami yang tersebar di seluruh Indonesia