Sebaiknya Pakai Cincin Kawin Sebelah Mana? Jari Manis Kiri atau Kanan?

Cincin Kawin Sebelah Mana – Menuju jenjang pernikahan tentu memerlukan persiapan yang matang. Cincin jadi satu dari banyak hal yang harus dipikirkan oleh kedua calon mempelai dari jauh-jauh hari dengan memperhatikan berbagai aspek.

Pemilihan cincin kawin pun tak bisa sembarangan, karena nantinya cincin ini menjadi simbol hari bahagia yang takkan terlupakan seumur hidup. Selain material dan desain, kedua calon mempelai juga harus tahu cara mengenakan cincin kawin sebelah mana.

Kini saatnya mengulik lebih dalam tentang tradisi cincin kawin dan juga pemakaian yang benar!

Pemakaian Cincin Kawin Sebelah Mana? Calon Mempelai Harus Tahu

Ada banyak pendapat yang menyeruak tentang lokasi pemakaian cincin kawin sebelah mana. Pendapat-pendapat ini umumnya dilatarbelakangi oleh adat dan juga tradisi yang berbeda, terutama di Indonesia yang memiliki banyak suku serta keberagaman.

Ketika menikah, mayoritas mempelai wanita di Indonesia akan mengenakan cincin kawin di jari manis tangan kanan. Sedangkan mempelai pria akan menggunakan cincin kawin mereka di jari manis tangan kiri. Namun hal tersebut bersifat fleksibel, artinya masih bisa disesuaikan dengan adat dan tradisi tiap keluarga.

Apa Arti Cincin Kawin Dipakai di Jari Manis?

cincin kawin sebelah mana

Dirangkum dari berbagai sumber, peradaban Romawi Kuno lah yang pertama kali menciptakan tradisi pemakaian cincin kawin di jari manis. Mereka percaya bahwa di jari manis kita memiliki sebuah pembuluh darah yang langsung terhubung ke jantung, istilah yang populer adalah “Vena Amoris” atau pembuluh darah cinta. 

Selain itu, terdapat argumen lainnya mengapa cincin kawin harus dikenakan di jari manis karena bagian jari tersebut jarang digunakan untuk beraktivitas. Jadi, ketika kita mengenakannya di jari manis, cincin tidak akan rusak dan cenderung lebih nyaman untuk beraktivitas.

Banyak orang juga mempercayai bahwa jari manis memiliki filosofi yang kuat tentang cinta. Menggunakan cincin kawin di jari manis dipercaya akan memperkuat simbolisme cinta antar kedua individu.

Apa Saja Perbedaan dari Cincin Kawin dan Tunangan? Ini Jawabannya!

cincin kawin sebelah mana

Untuk lebih mudah dipahami, berikut adalah beberapa perbedaan utama dari cincin kawin dan tunangan yang harus dipahami kedua pasangan!

1. Waktu Pemberian

Cincin kawin diberikan ketika selesai ijab qabul ataupun pemberkatan. Biasanya kedua mempelai akan dipandu untuk mengenakan cincin ke pasangannya.

Sedangkan cincin tunangan biasanya pasangan pria yang akan memberikan cincin ke kekasihnya. Sedangkan saat lamaran, prosesi tukar cincin dibantu oleh orang tua dari masing-masing pasangan.

2. Penempatan Cincin

Pemakaian cincin kawin untuk mempelai wanita berada di jari manis. Sedangkan lokasi pemakaian cincin tunangan berada di jari manis kiri pasangan wanita.

3. Siapa yang Memakai

Cincin kawin dikenakan oleh kedua pasangan dengan lokasi pemakaian yang bisa disesuaikan. Sedangkan cincin tunangan biasanya hanya dikenakan oleh pasangan wanita saja. Namun, setelah prosesi lamaran dilakukan, kedua pasangan juga wajib mengenakan cincin lamaran masing-masing.

Baca Juga:

Temukan Koleksi Perhiasan Terbaik untuk Pernikahan dengan Amero Jewellery 

Amero Jewellery menghadirkan berbagai koleksi cincin emas berkualitas tinggi untuk kamu kenakan dalam momen suci pernikahan. Setiap koleksi perhiasan dari Amero selalu menggunakan emas murni 17K yang terdiri dari banyak pilihan material seperti white gold, rose gold, maupun kombinasi dari keduanya.

Di balik keindahan tiap koleksinya, Amero selalu menyisipkan detail berupa nilai filosofis sehingga akan terasa lebih personal pada siapapun yang memakainya. Tak hanya sempurna untuk momen pernikahan, Amero juga memiliki koleksi perhiasan yang cocok untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Model perhiasan yang dikeluarkan pun sangat beragam, mulai dari perhiasan bergaya klasik dan glamor, hingga perhiasan etnik yang unik. Amero selalu memiliki pilihan untuk kamu yang menginginkan cincin berkualitas yang bisa kamu kenakan sendiri ataupun menjadi hadiah bagi orang tersayang.

Itu dia berbagai penjelasan dan jawaban tentang bagaimana pemakaian cincin kawin sebelah mana. Miliki koleksi cincin Amero Jewellery favoritmu melalui Tokopedia, BliBli, atau kunjungi langsung 50+ store partner terdekat.

Jangan lewatkan update informasi terbaru mengenai setiap koleksi Amero Jewellery lainnya dengan follow Amero melalui Instagram, TikTok, dan subscribe Youtube sekarang juga!

Baca Juga:

KUNJUNGI STORE RESMI KAMI

Semua koleksi perhiasan dari Amero Jewellery
bisa didapatkan melalui marketplace resmi atau 50+ store partner
kami yang tersebar di seluruh Indonesia

Semua koleksi perhiasan dari Amero Jewellery bisa didapatkan melalui marketplace resmi atau 50+ store partner kami yang tersebar di seluruh Indonesia