Sebaiknya Cincin Nikah di Jari Mana? Ternyata Ini Jawabannya!

Cincin Nikah di Jari Mana – Dalam momen suci pernikahan, cincin menjadi simbol pengikat komitmen kedua pasangan dalam mengarungi kehidupan yang baru. Oleh karena itu, baik dari sisi pemilihan hingga letak cincin yang digunakan, harus sesuai dengan nilai filosofis yang ada untuk merefleksikan berbagai hal baik serta doa. 

Hingga saat ini masih ada banyak orang yang bingung sebaiknya cincin nikah di jari mana ketika dikenakan. Secara garis besar tidak ada aturan khusus dimana peletakan cincin nikah untuk mempelai pria maupun wanita. Ada banyak kepercayaan yang mengatakan bahwa setiap jari memiliki makna filosofis yang berbeda, sehingga kita bisa mengikuti keyakinan serta budaya yang paling dominan di masyarakat.

Seharusnya Cincin Nikah di Jari Mana? Pahami Arti Letak yang Benar!

Menjawab pertanyaan seharusnya cincin nikah di jari mana, setiap negara biasanya memiliki tradisi dan budaya berbeda untuk hal itu. Di Indonesia sendiri ada dua kepercayaan yang paling populer tentang letak cincin nikah yaitu di jari manis. Tapi perlu dipahami juga bahwa ada perbedaan filosofi antara cincin nikah di jari manis kiri maupun kanan, berikut penjelasan selengkapnya:

Arti Cincin Nikah Ditaruh di Jari Manis Kiri

Pada era Romawi Kuno, para bangsawan mengenakan cincin pernikahan pernikahan pada jari manis kiri karena dipercaya terdapat saluran pembuluh darah yang mengarah ke jantung. Terdapat istilah populer bernama “Vena Amoris” yang memiliki arti pembuluh darah cinta. Harapannya jika menggunakan cincin pernikahan di jari tersebut akan membuat dua hati menjadi satu kesatuan utuh.

Arti Cincin Nikah Ditaruh di Jari Manis Kanan

Beberapa negara di timur seperti dan negara lainnya meletakkan cincin pernikahan mereka di jari manis tangan kanan. Masyarakat di sana memiliki kepercayaan spiritualitas yang besar jika tangan kanan memiliki dampak baik bagi hubungan pernikahan. 

Jadi, seharusnya cincin nikah di jari mana? Mayoritas masyarakat Indonesia memilih menggunakan jari manis kiri. Namun semua kembali lagi dengan kepercayaan serta budaya yang dianut. 

Apakah Boleh Memakai Cincin Nikah di Jari Tengah?

Bagi wanita tidak ada himbauan khusus tentang penggunaan cincin nikah di jari tengah. Namun dalam Islam, terdapat larangan bagi pria untuk memakai cincin di jari tengah karena memiliki hukum “makruh” (tidak boleh dilakukan, namun tidak tergolong haram).

Jadi sebaiknya hindari penggunaan cincin nikah di jari tengah tangan kanan maupun kiri. Tetapi selain cincin nikah, kamu masih bebas menggunakan cincin aksesoris ataupun koleksi lainnya di jari tengah untuk mempercantik penampilan.

Baca Juga:

Rekomendasi Cincin Nikah Model Elegan hingga Chic dari Amero Jewellery

Setelah memahami penggunaan cincin nikah di jari yang mana, Amero Jewellery akan memberikan berbagai rekomendasi cincin nikah dengan desain minimalis hingga modern. Yuk, cari tahu mana koleksi yang paling cocok untukmu:

Special Collection Trilogy Ring

cincin nikah di jari mana

Special Collection Trilogy Ring ditujukan untuk calon mempelai wanita yang menyukai perhiasan bergaya elegan, namun tidak terlalu mencolok ketika dikenakan. Material emas putih 17K yang digunakan di koleksi ini pun akan menambah keindahan cincin ketika sudah melingkar di jari manis. Sesuai dengan namanya, cincin ini menggunakan tiga mata Zircon Gemstone yang menggambarkan tiga fase kehidupan manusia — masa kini, lampau, dan masa depan. 

Special Collection Solitaire

Cincin Nikah di Jari Mana

Opsi selanjutnya adalah Special Collection Solitaire yang menggunakan satu mata Zircon Gesmtone yang memukau. Ukuran band dari cincin koleksi ini pun sangat beragam sehingga cocok untuk semua tipe jari dan juga konsep pernikahan. Tipe solitaire masih menjadi favorit banyak pasangan karena dianggap lebih menawan serta tak lekang oleh waktu.

Mouve Collection

Cincin Nikah di Jari Mana

Bila kamu menginginkan opsi lainnya, Amero memiliki cincin dari Mouve Collection yang dirancang dengan material rose gold 17K. Daya tarik dari cincin koleksi ini adalah konsep “Moving Stone” yang memaknai tentang kehidupan dinamis manusia. Ukuran band yang ramping membuat cincin Mouve akan tampak serasi dikenakan di jari manis kita, serta mudah dipadupadankan dengan berbagai gaya.

Roxe Collection

Cincin Nikah di Jari Mana

Rekomendasi terakhir dari cincin nikah Amero dengan model mewah nan glamor jatuh kepada Roxe Collection. Total terdapat tiga seri utama yang ada di Roxe Collection yaitu Nero, Grande, dan Healthy Series. Ketiganya menggunakan material kombinasi rose gold dan white gold 17K yang unik namun tetap stylish. Roxe memiliki banyak pilihan untuk kamu yang mencari tipe cincin dengan batu mulia berukuran besar ataupun kamu yang menyukai tampilan minimalis.

Rayakan Momen Istimewa Pernikahan bersama Koleksi Amero Jewellery

cincin nikah

Temukan keistimewaan dalam setiap koleksi cincin dari Amero Jewellery. Sebagai brand perhiasan terbaik di Indonesia, Amero selalu berkomitmen menjaga tiap kualitas dan nilai dari perhiasan yang diluncurkan. Sejak berdiri pada 2015, Amero berhasil mengeluarkan banyak koleksi perhiasan yang berkolaborasi dengan artisan jewellery profesional di Indonesia.

Setiap perhiasan yang diluncurkan oleh Amero selalu menggunakan material white gold 17K maupun rose gold 17K disertai Zircon Gemstone kualitas terbaik. Amero juga dipercaya banyak wanita Indonesia untuk mempercantik tampilan mereka dalam berbagai momen istimewa seperti pertunangan, pernikahan, ataupun acara lainnya.

Amero menjadi brand perhiasan terbaik di Indonesia yang telah menorehkan berbagai prestasi membanggakan. Di 2023, Amero berhasil tampil di ajang mode ternama New York Fashion Week 2023 serta menjadi official jewellery partner dari Puteri Indonesia. Tak hanya itu, Amero juga tampil di Olimpiade Paris 2024 dengan mengeluarkan koleksi khusus yang dipakai oleh para kontigen atlet Indonesia.

Miliki koleksi cincin Amero Jewellery favoritmu melalui Tokopedia, BliBli, atau kunjungi langsung 50+ store partner terdekat.

Jangan lewatkan update informasi terbaru mengenai setiap koleksi Amero Jewellery lainnya dengan follow Amero melalui Instagram, TikTok, dan subscribe Youtube sekarang juga!

Baca Juga:

KUNJUNGI STORE RESMI KAMI

Semua koleksi perhiasan dari Amero Jewellery
bisa didapatkan melalui marketplace resmi atau 50+ store partner
kami yang tersebar di seluruh Indonesia

Semua koleksi perhiasan dari Amero Jewellery bisa didapatkan melalui marketplace resmi atau 50+ store partner kami yang tersebar di seluruh Indonesia