7 Cara Menjaga Komunikasi Suami Istri Agar Keluarga Selalu Harmonis

Menjaga Komunikasi Suami Istri – Kunci sebuah pernikahan yang bahagia dan langgeng adalah dengan membangun komunikasi yang baik bersama pasangan. Namun tak bisa dipungkiri jika membangun komunikasi yang efektif bukanlah hal yang mudah karena ada banyak hal yang harus disesuaikan.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Ada beberapa orang yang sering merasa kesulitan untuk mengungkapkan perasaan mereka, sehingga cenderung memendam semua hal yang terjadi. Kebiasaan tersebut justru akan memicu sebuah permasalahan baru dalam rumah tangga jika tidak ada kejelasan mengenai cara menjaga komunikasi suami istri.

Sebelum terlambat, yuk cari tahu bagaimana cara menjaga komunikasi suami istri yang efektif untuk menciptakan rumah tangga harmonis berikut ini!

Yuk, Praktikkan 7 Tips Menjaga Komunikasi Suami Istri Berikut!

menjaga komunikasi suami istri

Untuk memperbaiki pondasi dasar berkomunikasi yang baik dengan pasangan, ada berbagai hal yang harus dipersiapkan, seperti:

Memilih Situasi untuk Berbicara Berdua

Tips dalam menjaga komunikasi suami istri yang pertama adalah menentukan waktu yang tepat untuk berbicara berdua. Hindari untuk membuka pembicaraan intens di ruang publik, hal tersebut akan membuat pasangan merasa tidak nyaman karena tidak adanya privasi. Pastikan juga jika kedua individu berada di kondisi emosional yang stabil serta terbuka untuk berbicara agar pembicaraan bisa berlangsung dua arah.

Saling Jujur dan Terbuka

Kejujuran menjadi kunci penting dalam menjaga komunikasi suami istri. Sifat jujur membuat kedua individu terhindar dari kesalahpahaman ataupun asumsi yang salah. Bila kita bisa terbuka dengan pasangan, maka risiko konflik yang disebabkan oleh miskomunikasi pun akan berkurang.

Percaya pada Pasangan

Selain komunikasi, kepercayaan yang tinggi pada pasangan adalah pondasi bagi sebuah hubungan yang kuat. Rasa kepercayaan ini dibangun dari berbagai hal, mulai dari sikap jujur, terbuka, hingga kooperatif, dan harus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Memiliki kepercayaan yang tinggi pada pasangan secara tidak langsung membuat kita jauh lebih tenang dan fokus pada hal-hal positif saja.

Menjadi Pendengar yang Baik

Jangan lupa untuk selalu menjadi pendengar yang baik pada pasangan. Nyatanya, setiap orang tidak selalu membutuhkan solusi dalam permasalahannya. Sebagian besar orang, terutama wanita hanya ingin didengarkan tentang apa yang terjadi pada mereka, tanpa harus diberikan sebuah jawaban atau solusi. Menjadi pendengar yang baik membutuhkan empati yang tulus sehingga bisa memahami bagaimana perasaan pasangan mereka saat ini.

Sempatkan Quality Time Setiap Hari

Kunci menjaga komunikasi suami istri berikutnya adalah menyempatkan waktu untuk quality time berdua. Ketika sudah menikah, terkadang kedua individu terlalu sibuk dengan urusan mereka dan melupakan momen-momen kebersamaan. Kamu bisa melakukan quality time bersama pasangan pada saat senggang seperti sebelum tidur, ketika makan bersama, atau sekadar bersantai di rumah.

Saling Tunjukkan Empati Terhadap Pasangan

Empati adalah cara untuk menunjukkan kepedulian kita tentang apa yang sedang dihadapi pasangan. Saat kita menunjukkan empati, maka secara tidak langsung akan memperkuat ikatan emosional serta membuat pasangan kita merasa lebih aman. 

Apresiasi Hal yang Dilakukan Pasangan

Langkah terakhir yang wajib dicoba dalam menjaga komunikasi suami istri adalah mengapresiasi hal-hal yang dilakukan oleh pasangan. Apresiasi ini bisa dilakukan dalam berbagai bentuk mulai dari memberikan ucapan hingga hadiah.

Bila pasanganmu memiliki ‘love language’ berupa menerima hadiah, kamu bisa memberikan barang-barang yang spesial seperti set perhiasan. Setiap wanita pasti akan suka jika diberikan perhiasan sebagai hadiah, terutama bila perhiasan tersebut sangat sesuai dengan style mereka saat ini.

Dalam menentukan perhiasan untuk hadiah, kamu perlu memperhatikan berbagai aspek mulai dari keaslian emas, brand, material, hingga keunikan desain. Ketika aspek-aspek terpenuhi, maka pasangan akan menganggapnya sebagai pemberian spesial dan pastinya akan selalu dikenang.

Baca Juga:

Rekomendasi Perhiasan Emas Amero Sebagai Hadiah untuk Pasangan

Sudah saatnya memberikan hadiah spesial untuk pasangan dari koleksi Amero Jewellery. Setiap perhiasan Amero Jewellery selalu menggunakan material 17K yang dirancang khusus oleh artisan jewellery profesional di Indonesia. Berikut adalah tiga koleksi terbaik Amero yang bisa diberikan untuk pasangan sebagai hadiah:

Special Collection Croissant

menjaga komunikasi suami istri

Special Collection Croissant datang dengan berbagai set piece yang siap mempercantik tampilan di berbagai acara. Terdiri dari anting, gelang, kalung, dan cincin, membuat seri ini jadi primadona karena bentuknya yang unik serta mewah. Lekukan yang dibuat menyerupai croissant pun terlihat seamless ditambah dengan kilauan Zircon berwarna putih cerah yang menghiasinya. Koleksi ini memiliki dua tipe material yang bisa dipilih yakni rose gold 17K dan white gold 17K.

Morraine Collection

menjaga komunikasi suami istri

Opsi lainnya untuk hadiah istri adalah koleksi perhiasan dari Morraine. Natural Zircon berwarna hijau kebiruan membuat siapapun akan jatuh cinta pada pandangan pertama. Morraine Collection diluncurkan dengan set piece lengkap mulai dari cincin, kalung, gelang bangle, hingga anting yang menggunakan material white gold 17K. Kesan pertama yang ditampilkan dari koleksi Morraine adalah glamor, timeless, dan tentunya fresh untuk segala style.

Leora Collection

menjaga komunikasi suami istri

Leora Collection merupakan pilihan selanjutnya jika kamu mencari perhiasan yang mampu memberikan kesan feminin serta manis. Leora Collection menggunakan konsep 3D Jewellery pada tiap piece-nya, sehingga membuat perhiasan tampak lebih hidup. Material rose gold 17K yang merona akan terlihat lebih stand out ketika dikenakan sehari-hari. Tak hanya itu, Leora Collection juga menggunakan bentuk liontin yang unik, alhasil bisa dijadikan sebuah statement piece untuk berbagai acara.

Jadi, sudah temukan mana koleksi Amero yang sesuai dengan karakteristik dan style pasangan? Dapatkan koleksi perhiasan Amero favoritmu dengan  berbelanja melalui Tokopedia, BliBli, atau kunjungi langsung 50+ store partner yang terdekat di kotamu.

Jangan lewatkan juga update informasi terbaru mengenai setiap koleksi Amero Jewellery lainnya dengan follow Amero melalui Instagram, TikTok, dan subscribe Youtube sekarang!

Baca Juga:

KUNJUNGI STORE RESMI KAMI

Semua koleksi perhiasan dari Amero Jewellery
bisa didapatkan melalui marketplace resmi atau 50+ store partner
kami yang tersebar di seluruh Indonesia

Semua koleksi perhiasan dari Amero Jewellery bisa didapatkan melalui marketplace resmi atau 50+ store partner kami yang tersebar di seluruh Indonesia