Kenali 5 Perubahan Setelah Menikah, Life After Marriage yang Mungkin Kamu Alami!

Perubahan Setelah Menikah – Mengucapkan janji sehidup semati pada saat pernikahan menjadi sebuah momen haru yang sarat akan makna. Pernikahan adalah sebuah momentum yang ‘life-changing’ bagi beberapa orang. Ada berbagai perubahaan sikap, sifat, dan aspek lainnya yang terasa setelah kita hidup satu atap bersama pasangan. 

Perubahan setelah menikah adalah sebuah hal yang tak bisa dihindari karena semua pasangan mengalaminya. Ada berbagai faktor yang turut andil dalam perubahan ini mulai dari lingkungan, prioritas, dan visi misi bersama pasangan yang harus dihargai.

Bagi kamu pasangan yang baru saja menikah, berikut adalah beberapa perubahan setelah menikah yang wajib dipahami!

5 Perubahan Setelah Menikah yang Paling Sering Terjadi

perubahan setelah menikah

‘Life After Marriage’ setiap pasangan tentu akan berbeda-beda. Kehidupan setelah menikah tentu memerlukan penyesuaian dari masing-masing individu, sehingga bisa membangun rumah tangga yang harmonis dan langgeng. Ini dia beberapa perubahan setelah menikah yang paling sering terjadi:

1. Lebih Banyak Tanggung Jawab

Tanggung jawab istri maupun suami setelah menikah tentu akan memiliki perbedaan dibandingkan ketika pacaran. Untuk mencapai tujuan pernikahan yang diinginkan, tentu akan ada pembagian porsi serta tanggung jawab sesuai dengan kemampuan masing-masing. Contoh sederhananya adalah membagi tugas rumah seperti memasak, mencuci, dan sejenisnya. Kedua pasangan harus kompak untuk saling membantu satu sama lain untuk membangun mahligai pernikahan yang bahagia.

2. Perubahan Pola Pikir

Setelah menikah, akan terjadi perubahan pola pikir antara kedua pasangan yang cukup signifikan. Setiap pasangan tentu memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai, contohnya seperti berlibur ke tempat yang jauh, memiliki aset investasi, dan sejenisnya. Semakin banyak goal yang ingin dicapai, maka akan ada perubahan sikap dan pemikiran yang mulai terasa, misalnya dengan lebih bijak dalam mengelola uang, lebih banyak menghabiskan waktu dengan pasangan, dan sebagainya.

3. Memiliki Rutinitas Baru

Membangun rutinitas merupakan perubahan setelah menikah berikutnya yang terjadi di banyak pasangan. Hal-hal sederhana seperti aktivitas yang dilakukan pasca bangun tidur, waktu untuk bersiap-siap kerja, atau bahkan berolahraga bersama menjadi agenda yang harus dikompromikan oleh keduanya. Rutinitas baru ini juga bisa membuat hubungan jauh lebih harmonis dan mampu terhindar dari banyak konflik.

4. Perubahan Prioritas dalam Keputusan

Setelah menikah setiap keputusan yang diambil harus berdasarkan persetujuan kedua individu. Baik saat menghadapi konflik ataupun tidak, kedua individu harus bisa memilih keputusan yang membuat kedua pihak seimbang, sehingga tidak menimbulkan kemelut permasalahan lainnya. 

5. Kondisi Keuangan

Kondisi keuangan juga ikut menjadi bagian dalam perubahan setelah menikah. Perhitungan penghasilan yang masuk ke dalam keluarga tentu akan sangat berbeda dengan dulu saat masih lajang. Ada berbagai kebutuhan baru yang muncul setelah berkeluarga, sehingga memerlukan rencana keuangan yang matang dari kedua belah pihak.

Baca Juga:

3 Tips Agar Hubungan Semakin Langgeng dan Romantis dengan Pasangan

Supaya hubungan semakin hangat dan romantis dengan istri, tak ada salahnya untuk melakukan beberapa tips berikut ini!

1. Wajib Luangkan Waktu untuk Pasangan

Momen akhir pekan ataupun selepas pulang kerja adalah saat yang tepat untuk quality time bersama pasangan. Setelah menikah, banyak orang yang lebih menyukai kegiatan-kegiatan sederhana seperti menonton film, memasak bersama, atau sekadar duduk sambil bercerita tentang apa yang dilalui hari ini. Aktivitas inilah yang menjadi kunci rumah tangga harmonis karena saling menghargai waktu masing-masing. 

2. Bangun Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah faktor penting dalam sebuah hubungan rumah tangga yang langgeng dan harmonis. Baik saat pacaran maupun setelah menikah, kedua pasangan harus bisa mengungkapkan perasaan mereka satu sama lain sehingga komunikasi yang terbangun bisa transparan dan jujur. Ketika terjadi konflik, sebaiknya mulai komunikasi ketika perasaan jauh lebih tenang, dibandingkan memulai pembicaraan saat emosi sedang meledak-ledak.

3. Memberikan Hadiah untuk Bentuk Apresiasi

Berikan istri hadiah sebagai bentuk apresiasi dengan kesiapannya dalam melalui berbagai perubahan setelah menikah. Ada berbagai pilihan yang bisa kamu jadikan opsi sebagai hadiah, salah satunya adalah perhiasan emas.

Memberikan hadiah perhiasan akan membuat istri merasa lebih disayang serta dihargai. Emas juga bisa menjadi sebuah instrumen investasi jangka panjang yang menguntungkan. Selain itu, istri bisa tampil kian cantik dengan mengenakan perhiasan emas sehari-hari baik untuk di rumah ataupun bepergian.

Berbagai Koleksi Perhiasan Emas 17K untuk Hadiah Orang Tersayang dari Amero Jewellery

perubahan setelah menikah

Berikan hadiah spesial kepada pasangan dengan koleksi perhiasan emas dari Amero Jewellery. Setiap perhiasan Amero Jewellery menggunakan material emas murni 17K yang dirancang serta produksi langsung oleh artisan jewellery profesional di Indonesia.

Desainnya yang eksklusif membuat tiap perhiasan Amero selalu memiliki nilai seni tinggi serta memberikan kesan personal ketika dikenakan. Sebagai brand perhiasan terpercaya sejak 2015, Amero Jewellery selalu mengedepankan kualitas serta detail dalam setiap piece perhiasan. Maka tak heran jika setiap koleksi baru yang diluncurkan selalu jadi incaran para wanita serta jewellery-enthusiast.

Pada tahun 2023, Amero Jewellery berhasil tampil dalam New York Fashion Week dengan menampilkan koleksi signature-nya yaitu Lavani Collection. Setelahnya, Amero juga dipercaya selama dua tahun berturut-turut oleh Puteri Indonesia sebagai official jewellery partner mereka.

Saatnya temukan koleksi Amero yang sesuai dengan style dan kepribadian pasangan di Amero Jewellery dan dapatkan koleksi perhiasan Amero favoritmu dengan  berbelanja melalui Tokopedia, BliBli, atau kunjungi langusng 50+ store partner yang terdekat di kotamu.

Dapatkan juga beragam informasi terbaru mengenai setiap koleksi Amero Jewellery lainnya dengan follow melalui Instagram, TikTok, dan subscribe Youtube resmi Amero!

Baca Juga:

KUNJUNGI STORE RESMI KAMI

Semua koleksi perhiasan dari Amero Jewellery
bisa didapatkan melalui marketplace resmi atau 50+ store partner
kami yang tersebar di seluruh Indonesia

Semua koleksi perhiasan dari Amero Jewellery bisa didapatkan melalui marketplace resmi atau 50+ store partner kami yang tersebar di seluruh Indonesia